Selasa, 26 Juli 2016

Divergence


Divergence
          Divergence dalam arti bahasa berarti perbedaan. Divergence dalam perdagangan valuta asing / foreign exchange/forex) adalah perbedaan antara harga dengan indikator. Perbedaan seperti apa tepatnya? Mari kita lihat gambar sebagai berikut. 




Secara umum ada 2 tipe divergence
1. Regular divergence
    Regular divegence dapat digunakan sebagai indikasi adanya trend reversal / pembalikan    tren
2. Hidden divergence 
    Hidden divergence dapat digunakan sebagai indikasi adanya trend continuation / penerusan tren

Prinsip regular divergence
         Regular bearish divergence adalah salah satu tipe regular divergence yang mengindikasikan bahwa harga akan mengalami pembalikan tren dari uptren / tren naik menjadi downtrend / tren turun. Divergence ini dapat ditandai dengan pergerakan harga membentuk higher high (HH) / puncak yang lebih tinggi dari puncak sebelumnya dan indikator oscillator membentuk lower high (LH) / puncak yang lebih rendah dari puncak sebelumnya.


          Regular bullish divergence adalah salah satu tipe regular divergence yang mengindikasikan bahwa harga akan mengalami pembalikan tren dari downtrend / tren turun menjadi uptrend / tren naik. Divergence ini dapat ditandai dengan pergerakan harga yang membentuk lower low (LL) / lembah yang lebih rendah dari lembah sebelumnya dan indikator oscillator membentuk higher low (LH) / lembah yang lebih tinggi dari lembah sebelumnya.


Prinsip Hidden Divergence
       Hidden bearish divergence adalah salah satu tipe hidden divergence yang mengindikasikan bahwa tren masih berlanjut turun. Divergence ini dapat ditandai dengan indikator oscillator yang membentuk higher high (HH) / puncak yang lebih tinggi dari puncak sebelumnya, sedangkan pergerakan harga membentuk lower high (LH) / puncak yang lebih rendah dari puncak sebelumnya.


        Hidden bullish divergence adalah salah satu tipe hidden divergence yang mengindikasikan bahwa tren masih berlanjut naik. Divergence ini dapat ditandai dengan indikator oscillator yang membentuk lower low (LL) / lembah yang lebih rendah dari lembah sebelumnya dan pergerakan harga membentuk higher low (HL) / lembah yang lebih tinggi dari lembah sebelumnya.



 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar