Sabtu, 20 Agustus 2016

Bearish Engulfing


        Pola ini terdiri atas bullish candle dan bearish candle yang panjangnya melebihi dan melampaui bullish candle. Pola ini menunjukkan tekanan bearish yang menguat mengalahkan tekanan bullish pada periode sebelumnya. Biasanya ini dapat diartika sebagai sinyal sell karena tekanan bearish yang meningkat. Berikut ciri-ciri bearish engulfing.
- Panjang bearish candlestick > panjang bullish candlestick sebelumnya
- Harga low bearish candlestick < harga low bullish candlestick sebelumnya
- Harga close bearish candlestick < harga low bullish candlestick sebelumnya (bukan keharusan)
       Gambar di atas bukanlah patokan bahwa pola engulfing harus seperti itu, karena di trading forex sangatlah dinamis, oleh karena itu perlunya kita memahami pola seperti apa saja yang bisa disebut engulfing.

        Di beberapa candle pattern sebelumnya selalu memerlukan sebuah konfirmasi agar menghasilkan tingkat probabilitas yang lebih tinggi, lalu apakah pola ini juga memerlukan sebuah konfirmasi untuk bisa open posisi / entry point? Hal ini menurut saya pribadi bersifat relatif, karena seringkali saat pola engulfing ini muncul harga langsung melesat turun, hal ini wajar karena pola ini sudah jelas menunjukkan tekanan bearish yang sangat kuat. Untuk lebih meyakinkan untuk open posisi akan lebih baik dikombinasikan dengan indikator lain atau bisa juga dikombinasikan dengan Support Resistance.
        Untuk trader yang bersifat lebih konservatif mungkin memerlukan sebuah konfirmasi, seperti apa konfirmasinya? mari kita lihat gambar dibawah ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar